Sabtu, 06 Desember 2008

cara mengetik 10 jari

Mengetik merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di kantor, di sekolah, maupun di rumah. Bahkan kalau Anda menjadi seorang pebisnis online pekerjaan yang akan sering Anda lakukan adalah mengetik. Namun Belajar Mengetik Sepuluh Jari ternyata tidak sesusah yang kita bayangkan, namun memang memerlukan disiplin yang tinggi untuk memulainya. Belajar Mengetik Sepuluh Jari apabila saya umpamakan sama seperti kita belajar naik sepeda, apabila kita sudah lancar menaikinya maka untuk selamanya kita tidak akan lupa bagaimana bersepeda, begitu juga Mengetik Sepuluh Jari, apabila kita sudah bisa mengetik tanpa perlu melihat keyboard maka untuk selamanya kita tidak akan lupa bagaimana caranya dan akan selalu ingat dimanakah letak tombol yang ingin kita tekan dan memakai jari apa saja yang harus digunakan.

Berikut adalah kelebihan kita Mengetik Sepuluh Jari dibandingkan apabila kita mengetik dengan sebelas jari (mengetik dengan telunjuk kiri dan telunjuk kanan):

  1. Orang yang sudah lancar Mengetik Sepuluh Jari, hasil ketikannya akan jarang sekali terjadi kesalahan atau bahkan tidak akan pernah ada kesalahan dalam menulis setiap katanya. Hal ini dikarenakan matanya selalu tertuju pada monitor, jadi apapun yang di tekan oleh jari-jarinya akan segera ketahuan apabila terjadi salah ketik dan kita pun bisa langsung mengkoreksinya.
  2. Selain itu dengan Mengetik Sepuluh Jari, maka jari kita tidak akan cepat lelah. Karena setiap jari kita sudah mempunyai tugasnya masing-masing dalam menekan tombol pada keyboard. Tangan kita pun tidak akan cepat pegal, karena pergelangan kita tidak banyak berpindah tempat apalagi kalau bisa bersandar pada meja.
  3. Dan yang terakhir tentu saja kita bisa mengetik dengan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik dengan sebelas jari. Kita tidak perlu melihat keyboard lagi untuk mengetik, mata kita bisa tertuju hanya melihat monitor jadi mata kita tidak perlu berpindah tempat. Kita tidak perlu lagi melihat keyboard lalu melihat monitor apakah hasil ketikannya telah sesuai dengan yang kita tekan dan kembali melihat keyboard lagi (Cuape Dueeh). Sehingga hasil ketikan kita akan lebih cepat selesai.

Berikut adalah illustrasi yang dapat saya gambarkan apabila kita ingin menyalin buku/laporan atau apapun ke dalam MS Word dengan menggunakan Sepuluh Jari atau Sebelas Jari (telunjuk kanan dan telunjuk kiri kita).

Sebelas Jari : Membaca Buku --> Melihat Keyboard --> Mengetiknya --> Melihat Monitor --> Mengkoreksinya (apabila ada kesalahan) dengan Melihat Keyboard lagi (Ada 5 Kegiatan)

Bandingkan dengan

Sepuluh Jari : Membaca Buku (cukup 1 paragraf) dan Mengetik pada Keyboard bisa dilakukan secara bersamaan --> Melihat ke Monitor dan bisa langsung mengkoreksinya tanpa perlu Melihat Keyboard lagi (Cukup 2 Kegiatan)

Hal ini merupakan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan dengan Mengetik Sebelas Jari dan Anda pun bisa menilai manakah yang lebih cepat selesai Mengetik Sebelas Jari atau dengan Mengetik Sepuluh Jari.

Berikut adalah bagaimana cara tercepat untuk Belajar Mengetik Sepuluh Jari (berdasarkan pengalaman saya):

Untuk tahap awal Anda hanya perlu menghapal letak tombol A S D F J K L : ini dapat juga disebut home row. Apabila Anda baru mau memulai menekan tombol dan setelah menekan tombol biasakanlah untuk meletakkan jari jari kita kembali ke tombol tersebut.

Tangan Kiri
A : Jari Kelingking
S : Jari Manis
D : Jari Tengah
F : Jari Telunjuk
Spacebar : Jari Jempol

Tangan Kanan
J : Jari Telunjuk
K : Jari Tengah
L : Jari Manis
: : Jari Kelingking
Spacebar : Jari Jempol

Apabila anda perhatikan, pada permukaan tombol F dan J (tombol yang aneh) pasti ada yang berbeda pada permukaannya ada sesuatu yang timbul apabila kita merabanya (kayak jerawat aja). Lain daripada tombol yang lain, hal ini dikarenakan tombol F dan J memang didesain agar kita tidak perlu melihat keyboard lagi untuk menemukan huruf tersebut, kita cukup mencari tombol tersebut dengan jari telunjuk kita (tuh kan sama kayak jerawat). Letakkan tombol F pada jari telunjuk kiri Anda dan tombol J pada jari telunjuk kanan Anda. Dan sesuaikan jari yang lain pada kanan kirinya.

Setelah Anda sudah selesai menghapal home row tersebut, mulailah dengan tombol yang lain. Apabila kita bandingkan, sebenarnya setiap jari kita hanya perlu menghapal rata-rata 4 tombol, kecuali telunjuk yang masing-masing 8 tombol (masa sich nggak bisa). Berikut adalah wilayah kekuasaannya masing-masing dalam keyboard untuk mengetik setiap huruf:


Keyboard Mengetik 10 Jari

Sebenarnya masih ada satu website yang telah membantu saya Mengetik Sepuluh Jari. Website ini memakai flash kepada pengunjungnya yang ingin mencoba Mengetik Sepuluh Jari jadi kita tidak perlu meginstal program apapun kekomputer kita. Kita bisa melatih untuk Mengetik Sepuluh Jari dimanapun dan dan kapanpun kita berada, tentu saja kalau ada koneksi internet. Ada 15 level yang bisa kita coba, tergantung dari kemahiran Mengetik Sepuluh Jari kita. Selain itu website ini dilengkapi dengan suara (kalau salah ketik) dan akan muncul gambar dimana letak kesalahan (salah mencet tombol) langsung pada monitor (tidak perlu melihat keyboard lagi). Berikut websitenya : klik disini.

Anda cukup berlatih selama 10 menit setiap hari setiap ada kesempatan. Dan apabila anda sudah mulai lancar (kira-kira 1 bulan) mulailah untuk tidak melihat keyboard lagi dalam setiap kegiatan mengetik kita. Maka pada bulan ke-3, menurut pengalaman saya Anda sudah lancar Mengetik Sepuluh Jari. Amin

Selamat Berlatih.

Tidak ada komentar: